Followers

STAI NIDA EL ADABI

Diposting oleh STAI NIDA EL ADABI Jumat, 15 Januari 2010 0 komentar

STAI Nida El-Adabi berkepentingan dalam mensiarkan ajaran Islam. Dengan mengadopsi Al-Qur’an dan Hadits dalam penyusunan kurikulum perguruan tinggi, diharapkan dapat mengaktualisasikan ajaran Islam dengan baik dan dapat menjawab tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam menyusun kurikulum STAI Nida El-Adabi melibatkan banyak pihak, sehingga visi dan misi yang ada di dalam kurikulum STAI Nida El-Adabi pada setipa jurusan dapat didukung oleh semua pihak yang berkepentingan dan penyelenggara administasi yang baik dan tertib.
Oleh karenanya, penyususnan panduan adminsitasi akademik ini dapat digunakan sebagai sarana informasi yang dapat memberikan arahan dan pedoman untuk semua pihak, baik dosen, mahasiswa, staff asministrasi maupun pejabat struktural di lingkungan STAI Nida El-Adabi Bogor.

Buku pedoman ini disusun oleh tim, sehingga aturan-aturan yang ada bersifat komprehensif.

| edit post

NAMA DAN CIRI

Diposting oleh STAI NIDA EL ADABI 0 komentar


Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi yang berorientasi ke-Islaman memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Intergratif, yaitu bahwa studi kependidikan yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi dilakukan dengan menggunakan pendekatan keagamaan yang terintegrasi secara harmonis.
  2. Kontekstual dan historis, yaitu bahwa pengkajian sejarah dan pemikiran pendidikan didasarkan pada pendekatan praktis, sehingga akan timbul pemahaman dan penguasaan yang mendalam tentang khasanah kepemdidikan.
  3. Koperatif dan Humanisme, yaitu bahwa penyelenggaraan pendidikan di kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi mengutamakan pendekatan kemanusiaan yang profesional, serta berpedoman kepada kesadaran akan tugas dan tanggung jawab.

Sasaran Program Pngembangan Pada Setiap Program Studi pada Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi:

  1. Program Strata satu (S1) Pendidikan Agama Islam (PAI)

Makasiswa yang mengambil Program Studi Pendidikan Agama Islam diarahkan kepada pengenalan dan pemahaman tentang konsep-konsep kependidikan Islam, baik klasik maupun kontenporer. Dengan asumsi bahwa, konteks modernitas yang sarat dengan pergeseran nilai pada masyarakat, membutuhkan tenaga-tenaga lulusan kependidikan agama yang menguasai berbagai ilmu pengetahuan keagamaan secara baik dan benar. Untuk itu metode perkuliahan dan parktik keterampilan pada jurusan Pendidikan Agama Islam telah disesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat. Mahasiswa lulusan program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) berhak menyandang gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) dengan masa pendidikan selama 4 tahun atau 8 semester.

  1. Program Strata satu (S1) Ekonomi Islam/Perbankan Syariah

Program Studi Ekonomi Islam/Perbankan Syariah diarahkan kepada penguasaan ilmu ekonomi Islam dan keterampilan pengelolaan perbankan syariah. Adapun metode perkuliahannya bersifat pemberian materi dalam kelas dan praktik latihan kerja pada laboratorium Bank bekerjasama dengan UIN syarif Hidayatullah jakarta serta Bank-bank Islam di sekitar Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi. Mahasiswa lulusan Program Studi Ekonomi Islam/Perbankan Syariah berhak menyandang gelar Sarjana Ekonomi Islam (S.E.I) dengan masa pendidikan selama 4 tahun atau 8 semester

| edit post

ORIENTASI PENGEMBANGAN STAI

Diposting oleh STAI NIDA EL ADABI 0 komentar

ORIENTASI PENGEMBANGAN STAI

Pengembangan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi ke depan diorientasikan kepada hal-hal sebagai berikut.

1. Pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia sehingga memiliki moralitas yang luhur, spiritual yang mendalam, serta memiliki intelektualitas dan profesionalitas yang matang.

2. Pemberdayaan dan peningkatan kualitas akademik, administrasi dan pelayanan seluruh sistem kerja secara profesional.

3. Pembaharuan sistem pendidikan yang mendukung terwujudnya manusia Islami yang kompetitif, serta Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi sebagai pusat keunggulan dalam bidang ke-Islaman dan ke-Indonesiaam.

| edit post

POLA ILMIAH POKOK

Diposting oleh STAI NIDA EL ADABI 0 komentar

POLA ILMIAH POKOK

Pusat pengembangan pengetahuan dan keahlian Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi merupakan dasar dari pola ilmiah pokok (PIP)’ Dengan asumsi dasar bahwa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi terletak di wilayah dekat dengan inudtri dan dengan kehidupan pedesaan. Kehidupan masyarakat yang demikian sangat rentan dengan benturan-benturan nilai dari berbagai budaya dan ideologi. Untuk itu, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi diharapkan mampu menunjukkan bahwa Islam telah memberikan landasan ideologis dan etis bagi kehidupan masyarakat yang sesuai dengan corak kehidupan dan nilai-nilai kemanusiaan.

Prinsip ini didasarkan pada semangat untuk menggali, mengamalkan, dan mengembangkan nilai-nilai Islam, guna mengembangkan kemaslahatan kehidupan dunia dan akhirat. Dalam konteks ini, tugas Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi adalah mempersiapkan secara cermat dan menyeluruh nilai-nilai Islam bagi pembinaan, pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sehingga akan terwujud sosok manusia yang dapat mengaktualisasikan ajaran Islam atas dasar pengetahuan dan pengkajian yang mendalam.

| edit post

TUJUAN

Diposting oleh STAI NIDA EL ADABI 0 komentar

Tujuan STAI Nida El-Adabi adalah :

a. Mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia dengan menyelenggarakan pendidikan yang mengarah kepada terciptanya suatu masyarakat universal yang damai, adil, sejahtera lahir dan batin yang diridhoi Allah Swt;

b. Berperan serta secara aktif dalam mendukung program pemerintah di bidang pengembangan dan penerapan ilmu dan teknologi dalam perspektif Islam;

c. Menghasilkan tenaga ahli yang memiliki ketajaman nalar, emosi yang stabil serta memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap problematika sosial di lingkungannya;

d. Menghasilkan karya ilmiah sebagai sumbangan bagi masyarakat Indonesia; dan

e. Mewujudkan pelayanan terhadap masyarakat dalam rangka mencerdaskan dan meningkatkan ilmu pengetahuan untuk kepentingan masyarakat.

| edit post

VISI DAN MISI

Diposting oleh STAI NIDA EL ADABI 0 komentar

1. Visi STAI Nida El-Adabi.
Visi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi adalah: “Menjadi lembaga
pendidikan yang unggul dan mampu membangun paradigma baru serta mempelopori
pengembangan peradaban Islam sebagai rahmatan lil alamin di masa depan, Insya’Allah”.
2. Misi STAI Nida El-Adabi sebagai berikut:
a. Membangun sumber daya manusia (SDM) yang tangguh, berwawasan luas, dan bertaqwa
kepada Allah Swt;
b. Melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang profesional dalam bidang pendidikan dan
ekonomi yang mampu menjadi katalisator penerapan nilai-nilai Islami;
c. Mewujudkan cendikiawan yang profesional di bidang pendidikan usia dini, pendidikan
umum, agama, bahasa, dan ekonomi.

| edit post

SEJARAH PERKEMBANGAN STAI NIDA EL-ADABI

Diposting oleh STAI NIDA EL ADABI 0 komentar

Yayasan Nida El-Adabi sebagai Badan Hukum Penyelenggaran Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAI ) Nida El-Adabi, didirikan berdasarkan Akta Notaris No. 4, Tanggal : 19 Oktober 2000 (Notaris: Yulida Desmartiny, SH). Dengan para pendiri sebagai berikut:
1. Drs. Ramlan Rosyad
2. Taufik Hidayat, S.Pd
3. Drs. Mulyadi
4. M. Rohanda, SH.
5. Drs. Rusmana.
6. Epen Supendi, SE
STAI NIDA EL-ADABI berdiri pada tahun 2002, didirikan untuk memenuhi tuntutan yang didasarkan atas kebutuhan masyarakat yang ada di Parungpanjang dan sekitarnya. STAI NIDA EL-ADABI Berkantor pusat di Jl. Pesantren No. 21. Parung Panjang– Bogor 16360. Telp./Fax. (021) 5977184, Jawa Barat. Dengan Luas areal 6300 M2.
Pada awal berdirinya STAI Nida El-Adabi, membuka 2 (dua) jurusan yaitu: Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Jurusan Syari’ah, Program Studi Mu’amalah/Sistem Ekonomi Islam, jenjang Strata Satu (S.1). Kedua program tersebut berdasarkan Surat keputusan Dirjen Bimbingan dan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI dengan Nomor : DJ.II/237/2002.
Letak Kampus sangat jauh dari perguruan tinggi lainnya baik dari Wilayah Bogor maupun dari DKI Jakarta maupun Tanggerang. Jarak dengan STAI LAA ROIBA + 80 KM, STAI Al-Karimiyah + 55 KM, IAIN Ciputat + 50 KM dan UNIS Tanggerang + 50 KM. Kampus Nida El-Adabi berada diwilayah pemkiman yang sedang berkembang dengan pesat, yaitu sekitar radius 1 km disekitar kampus adalah pemukiman baru, rumah – rumah BTN ( Griya Parung Panjang) dan Perumnas yang mentargetkan dihuni oleh 240.000 jiwa warga baru.

| edit post

Contact Us

Diposting oleh STAI NIDA EL ADABI

KAMPUS PUSAT

Jl. Raya Kabasiran KM. 0,5 Parungpanjang

Bogor, 16360. Telp. (021) 5977184

| edit post

Buku Tamu

Diposting oleh STAI NIDA EL ADABI 1 komentar

SILAHKAN KLIK LINK DI BAWAH INI

MASUK BUKU TAMU

| edit post

Gallery

Diposting oleh STAI NIDA EL ADABI 0 komentar

SILAHKAN KLIK LINK DIBAWAH INI UNTUK BERKUNJUNG KE GALLERY KAMI

GALLERY

| edit post