SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
NIDA EL-ADABI
JADWAL UJIAN AKHIR SEMESTER II
TAHUN AKADEMIK 2009/2010
TARBIYAH/PAI | MUAMALAH/EKOIS | |||||
HARI | JAM | Mata Kuliah | SKS | JAM | Mata Kuliah | SKS |
Sabtu, 05 Juni 2010 | 09.30-11.00 | Ilmu Pendidikan | 3 | 09.30-11.00 | Ilmu Sosial Dasar | 3 |
11.00-12.30 | Bahasa Inggris II | 2 | 11.00-12.30 | Bahasa Inggris II | 2 | |
13.00-14.30. | Bahasa Arab II | 2 | 13.00-14.30. | Bahasa Arab II | 2 | |
14.30-16.00 | Strategi Belajar Mengajar | 2 | 14.30-16.00 | Ilmu Ekonomi Makro Mikro | 2 | |
Minggu, 06 Juni 2010 | 08.00-09.30 | Ushul Fiqh I | 2 | 08.00-09.30 | Ushul FiqhI | 2 |
09.30-11.00 | Filsafat Ilmu | 2 | 09.30-11.00 | Ilmu Ekonomi | 2 | |
11.00-12.30 | Statistik Umum | 3 | 11.00-12.30 | Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam | 3 | |
13.00-14.30. | Fiqh I | 3 | 13.00-14.30. | Fiqh I | 3 | |
14.30-17.00 | Sejarah Peradaban Islam | 3 | 14.30-17.00 | Sejarah Peradaban Islam | |
STAI Nida El-Adabi berkepentingan dalam mensiarkan ajaran Islam. Dengan mengadopsi Al-Qur’an dan Hadits dalam penyusunan kurikulum perguruan tinggi, diharapkan dapat mengaktualisasikan ajaran Islam dengan baik dan dapat menjawab tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dalam menyusun kurikulum STAI Nida El-Adabi melibatkan banyak pihak, sehingga visi dan misi yang ada di dalam kurikulum STAI Nida El-Adabi pada setipa jurusan dapat didukung oleh semua pihak yang berkepentingan dan penyelenggara administasi yang baik dan tertib.
Oleh karenanya, penyususnan panduan adminsitasi akademik ini dapat digunakan sebagai sarana informasi yang dapat memberikan arahan dan pedoman untuk semua pihak, baik dosen, mahasiswa, staff asministrasi maupun pejabat struktural di lingkungan STAI Nida El-Adabi Bogor.
Buku pedoman ini disusun oleh tim, sehingga aturan-aturan yang ada bersifat komprehensif.
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi yang berorientasi ke-Islaman memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- Intergratif, yaitu bahwa studi kependidikan yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi dilakukan dengan menggunakan pendekatan keagamaan yang terintegrasi secara harmonis.
- Kontekstual dan historis, yaitu bahwa pengkajian sejarah dan pemikiran pendidikan didasarkan pada pendekatan praktis, sehingga akan timbul pemahaman dan penguasaan yang mendalam tentang khasanah kepemdidikan.
- Koperatif dan Humanisme, yaitu bahwa penyelenggaraan pendidikan di kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi mengutamakan pendekatan kemanusiaan yang profesional, serta berpedoman kepada kesadaran akan tugas dan tanggung jawab.
Sasaran Program Pngembangan Pada Setiap Program Studi pada Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi:
- Program Strata satu (S1) Pendidikan Agama Islam (PAI)
Makasiswa yang mengambil Program Studi Pendidikan Agama Islam diarahkan kepada pengenalan dan pemahaman tentang konsep-konsep kependidikan Islam, baik klasik maupun kontenporer. Dengan asumsi bahwa, konteks modernitas yang sarat dengan pergeseran nilai pada masyarakat, membutuhkan tenaga-tenaga lulusan kependidikan agama yang menguasai berbagai ilmu pengetahuan keagamaan secara baik dan benar. Untuk itu metode perkuliahan dan parktik keterampilan pada jurusan Pendidikan Agama Islam telah disesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat. Mahasiswa lulusan program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) berhak menyandang gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) dengan masa pendidikan selama 4 tahun atau 8 semester.
- Program Strata satu (S1) Ekonomi Islam/Perbankan Syariah
Program Studi Ekonomi Islam/Perbankan Syariah diarahkan kepada penguasaan ilmu ekonomi Islam dan keterampilan pengelolaan perbankan syariah. Adapun metode perkuliahannya bersifat pemberian materi dalam kelas dan praktik latihan kerja pada laboratorium Bank bekerjasama dengan UIN syarif Hidayatullah jakarta serta Bank-bank Islam di sekitar Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi. Mahasiswa lulusan Program Studi Ekonomi Islam/Perbankan Syariah berhak menyandang gelar Sarjana Ekonomi Islam (S.E.I) dengan masa pendidikan selama 4 tahun atau 8 semester