Followers

NAMA DAN CIRI

Diposting oleh STAI NIDA EL ADABI Jumat, 15 Januari 2010


Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi yang berorientasi ke-Islaman memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Intergratif, yaitu bahwa studi kependidikan yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi dilakukan dengan menggunakan pendekatan keagamaan yang terintegrasi secara harmonis.
  2. Kontekstual dan historis, yaitu bahwa pengkajian sejarah dan pemikiran pendidikan didasarkan pada pendekatan praktis, sehingga akan timbul pemahaman dan penguasaan yang mendalam tentang khasanah kepemdidikan.
  3. Koperatif dan Humanisme, yaitu bahwa penyelenggaraan pendidikan di kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi mengutamakan pendekatan kemanusiaan yang profesional, serta berpedoman kepada kesadaran akan tugas dan tanggung jawab.

Sasaran Program Pngembangan Pada Setiap Program Studi pada Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi:

  1. Program Strata satu (S1) Pendidikan Agama Islam (PAI)

Makasiswa yang mengambil Program Studi Pendidikan Agama Islam diarahkan kepada pengenalan dan pemahaman tentang konsep-konsep kependidikan Islam, baik klasik maupun kontenporer. Dengan asumsi bahwa, konteks modernitas yang sarat dengan pergeseran nilai pada masyarakat, membutuhkan tenaga-tenaga lulusan kependidikan agama yang menguasai berbagai ilmu pengetahuan keagamaan secara baik dan benar. Untuk itu metode perkuliahan dan parktik keterampilan pada jurusan Pendidikan Agama Islam telah disesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat. Mahasiswa lulusan program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) berhak menyandang gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) dengan masa pendidikan selama 4 tahun atau 8 semester.

  1. Program Strata satu (S1) Ekonomi Islam/Perbankan Syariah

Program Studi Ekonomi Islam/Perbankan Syariah diarahkan kepada penguasaan ilmu ekonomi Islam dan keterampilan pengelolaan perbankan syariah. Adapun metode perkuliahannya bersifat pemberian materi dalam kelas dan praktik latihan kerja pada laboratorium Bank bekerjasama dengan UIN syarif Hidayatullah jakarta serta Bank-bank Islam di sekitar Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi. Mahasiswa lulusan Program Studi Ekonomi Islam/Perbankan Syariah berhak menyandang gelar Sarjana Ekonomi Islam (S.E.I) dengan masa pendidikan selama 4 tahun atau 8 semester

0 komentar

Posting Komentar